VISI

 

  1. Menjadi suatu organisasi sosial berbadan hukum atau Yayasan yang dapat mengemban dan mengamalkan beberapa firman Allah S.W.T. sebagaimana tercermin dalam Al Qur’an akan tugas dan kewajiban kaum muslim terhadap anak yatim, dengan tetap mengharap ridha Ilahi (habluminallah). 

Surat Al Maa’uun [107]: 1 – 3: “Tahukah kamu (orang) yang mendustakan Agama?.  Itulah orang yang menghardik anak yatim dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin”. 

Surat Al Baqarah [2]: 220: “….. Dan mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakanlah: ‘Mengurus urusan mereka secara patut adalah baik, dan jika kamu bergaul dengan mereka, maka mereka adalah saudaramu; dan Allah mengetahui siapa yang membuat kerusakan dari yang mengadakan perbaikan. Dan jikalau Allah menghendaki, niscaya Dia dapat mendatangan kesulitan kepadamu.  Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”. 

Surat An Nisa [4]:127: “….. Dan (Allah menyuruh) supaya kamu mengurus anak-anak yatim secara adil. Dan kebajikan apa saja yang kamu kerjakan, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui”. 

  1. Menjadi suatu organisasi sosial berbadan hukum atau Yayasan yang dapat mengangkat harkat dan martabat anak yatim atas dasar kesetaraan hubungan horizontal antar umat manusia sebagaimana diamanahkan dalam beberapa firman Allah SWT (habluminannaas). 

Surat Adh Dhuhaa [93]: 9: “Adapun terhadap anak yatim maka janganlah kamu berlaku sewenang-wenang”.

Surat An Nisaa’ [4]: 36: “….. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu.  Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri”. 

 

MISI

 

  1. Memberikan dan menyalurkan dana santuan kepada anak yatim secara rutin dan terprogram, terutama bagi mereka yang berdomisili di Kelurahan Beji, Kecamatan Ungaran Timur;
  2. Meningkatkan potensi sumber daya anak yaitm menuju manusia muslim yang mandiri, tangguh, bermartabat, serta bermanfaat bagi agama, masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia;
  3. Membantu mengentaskan anak yatim ke jenjang pendidikan dasar minimum 9 tahun dalam rangka mendukung suksesnya salah satu program pemerintah Indonesia dalam bidang pendidikan.